4 Alasan Bermain Board Game Baik Buat Kesehatan Mental Kamu

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pocket

Bermain board game kini menjadi tren yang booming di kalangan masyarakat urban. Tidak hanya di Jakarta, board game cafe, alias kafe khusus untuk bermain board game juga ditemukan menjamur di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Komunitas atau kelompok teman dekat yang memiliki hobi bermain board game juga terus bertambah, belum termasuk dengan ratusan board game baru yang dirilis setiap tahunnya. Tidak hanya anak muda berusia 18-35 tahun, board game kini juga dimainkan oleh anak-anak sebagai salah satu metode belajar yang menyenangkan, dan bahkan juga menjadi tren bagi orang tua berusia 50 tahun ke atas.

Tetapi, tahukah kamu bahwa bermain board game juga punya manfaat untuk kesehatan mental? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain board game dan sudah dirangkum oleh tim On The Spot.

Board game dapat meningkatkan kemampuan bekerja dan belajar

Sebuah rangkuman yang merilis 83 penelitian berbeda dari beragam negara tentang board game yang pernah diteliti dalam rentang tujuh tahun terakhir menunjukkan korelasi langsung bahwa bermain board game dapat meningkatkan kemampuan bekerja, terutama untuk profesi yang membutuhkan ketelitian tinggi.

Tidak hanya untuk bekerja saja, loh. Rangkuman ini juga menyebutkan orang yang bermain board game atau mendapatkan materi belajar yang digamifikasi terbukti dapat menyerap dan menghapal materi lebih efektif dibandingkan dengan teknik belajar konvensional.

Studi lain juga menunjukkan bahwa bermain board game dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, sekaligus menurunkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Hal ini berkaitan langsung dengan sifat kebanyakan board game yang menuntut kamu untuk menghapal urutan tertentu atau melacak kartu yang dimainkan di sisi lawan. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa board game tradisional (seperti catur dan ular tangga) dan modern (seperti Carcassonne dan Splendor) sama-sama berdampak positif untuk fisik, otak, dan kesehatan mental.

Jadi, apapun mainan yang kamu punya, mainkan saja.

Board game dapat menjadi metode terapi yang efektif

Banyak board game tidak hanya diisi dengan elemen fantasi dan petualangan yang seru, tetapi juga bisa jadi mengandung nilai-nilai edukasi, entah yang diajarkan secara tersirat ataupun langsung.

Sekalipun studi yang menunjukkan korelasi langsung board game dengan kesehatan mental sangat terbatas jumlahnya, tetapi sudah banyak studi yang mendukung korelasi langsung antara board game bertema edukasi dengan peningkatan daya otak dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti menjaga pola makan, menjaga kebersihan, berhenti merokok, bahkan mengajarkan bahaya dari perubahan iklim. Kedua hal tersebut sama-sama punya pengaruh tinggi terhadap kesehatan mental seseorang.

Oleh sebab itu, beberapa psikolog pun berargumen bahwa board game dapat digunakan sebagai salah satu metode terapi yang efektif, apalagi sekarang sudah banyak board game yang dirancang khusus sebagai alat terapi dan edukasi.

Board game dapat menurunkan stres

Ada banyak cara board game dapat membantu menurunkan stres. Saat bermain di waktu senggang, kamu menghabiskan waktu berjam-jam daripada melakukan hal lain yang tidak produktif. Bermain board game juga membantu kamu melupakan stres dan beragam kepenatan yang terjadi di sekitar kamu. Bermain board game juga akan mengalihkan perhatian kamu dari media sosial dan televisi, yang terkadang dapat memicu stres.

Saat kamu bermain board game, kamu akan banyak tertawa dan bersenang-senang. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi hormon di otak yang dapat menurunkan stres dan depresi. Jadi, board game bukanlah kegiatan sekadar membuang waktu saja, tetapi juga dapat menjadi salah satu alternatif self-care yang menarik.

Board game dapat menjalin hubungan sosial

Kebanyakan board game akan “memaksa” kamu untuk bertatap muka dan berinteraksi dengan orang lain. Hubungan sosial semacam ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi rasa isolasi dan kesepian yang dapat mendorong pikiran negatif.

Bermain board game dapat membantu kamu meningkatkan rasa solidaritas dengan teman, keluarga, atau pasangan kamu. Saat bermain, kamu belajar untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dalam tim (terutama untuk game yang mengedepankan kerja sama (seperti Pandemic atau Captain Sonar), berdiplomasi (seperti Catan), atau pentingnya bersabar menunggu giliran.

Bermain board game juga dapat melatih tenggang rasa dan kemampuan beradaptasi dengan situasi sulit. Hal ini ditunjukkan, misalnya dengan bersikap sportif saat kamu menerima kekalahan. Kamu bisa jadi kalah, tetapi kamu akan tetap dibuat penasaran untuk terus bermain dan mencoba bermain.

Semakin sering kamu giat bermain, kamu juga dapat bergabung ke komunitas pecinta board game atau berkumpul bersama teman dekatmu. Mereka juga dapat menjadi teman yang dapat memberi dukungan kepada kamu di luar waktu bermain board game. Bahkan, di forum BoardGameGeek sendiri, sudah ada support group khusus untuk teman-teman dengan depresi loh!

Nah, apakah kamu tertarik dengan bermain board game? Saat kamu mencoba bermain, kamu mungkin awalnya akan kebingungan dengan game mana yang harus kamu mainkan. Tidak perlu khawatir, kamu selalu bisa tanyakan mengenai tingkat kesulitan dan jenis permainan yang kamu suka kepada teman yang sudah bermain.

Apakah kamu suka yang simpel-simpel aja, atau suka dengan fantasi memberantas zombie, membangun rel kereta, mencari harta karun, atau menjelajahi rumah berhantu? Semuanya ada. Bayangkan begitu banyak keseruan yang bisa kamu rasakan sendiri. Bermain board game, barangkali, adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental kamu.

Referensi

Bergland, C. (2015) Face-to-Face Social Contact Reduces Risk of Depression. PsychologyToday.com. Diunduh dari http://www.psychologytoday.com/blog/the-athletes-way/201510/face-face-social-contact-reduces-risk-depression

Mounsher, C. (2017) 5 Ways Board Games are Good for Mental Health. The Counsellors Café UK. Diunduh dari https://www.thecounsellorscafe.co.uk/single-post/2017/11/07/5-Ways-Board-Games-Are-Good-For-Your-Mental-Health

Nakao, M. (2019). Special series on “effects of board games on health education and promotion” board games as a promising tool for health promotion: a review of recent literature. Biopsychosoc Med. , 13: 5. doi: 10.1186/s13030-019-0146-3. Diunduh dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6380050/

Verghese, J., Lipton, R.B., Katz, M.J., Hall, C.B., Derby, C.A., Kuslansky, G., Ambrose, A.F., Sliwinski, M and H Buschke. (2003) Leisure Activities and the Risk of Dementia in the Elderly. New England Journal of Medicine. 348:2508-2516. DOI: 10.1056/NEJMoa022252