Mengakses Layanan Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket

Kami mencoba menjawab pertanyaan dan memberikan panduan bagi kamu yang ingin mengakses layanan kesehatan mental selama pandemi virus corona atau COVID-19.

Apakah wajar jika saya mengakses psikolog atau psikiater? Saya tidak pernah mengalami gangguan kejiwaan sebelumnya.

Adalah hal yang sangat wajar jika kamu merasa membutuhkan bantuan profesional terkait dengan kesehatan jiwa kamu, terutama dalam masa krisis seperti saat ini.

Kebanyakan orang mengalami beragam reaksi, seperti rasa cemas, takut, atau stres, karena rasa tidak aman, ketidakpastian masa depan, atau terjadinya perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah daftar layanan kesehatan mental yang tersedia di situs ini dapat diandalkan?

Selama pandemi COVID-19, beberapa penyedia layanan kesehatan mental di sekitar kamu mungkin menyesuaikan jam operasi, tutup sementara, atau mengubah seluruh pelayanan menjadi online. Layanan psikolog atau psikiater di rumah sakit umumnya tetap beroperasi normal, namun mungkin akan menyesuaikan jam operasi atau memprioritaskan pelayanan untuk pasien dengan COVID-19 yang dikarantina di rumah sakit.

Tanyakan kepada tempat penyedia layanan kesehatan mental terdekat di tempat tinggal kamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ke mana saya bisa mendapatkan layanan psikologi atau psikiater online?

Daftar layanan psikologi yang bisa diakses online tersedia di laman pencegahan bunuh diri kami. Perlu dicatat, kebanyakan layanan online ini mengalami kenaikan jumlah perespon secara signifikan, sehingga kamu mungkin mengalami respon yang lebih lambat.

Sementara itu, Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia dan Himpunan Psikolog Indonesia beserta ikatan psikologi di bawah payung HIMPSI telah membuka layanan khusus untuk memberikan konseling online bagi orang yang mengalami gangguan atau serangan cemas karena pandemi virus corona. Layanan ini dapat diakses secara gratis atau cuma-cuma.

Klik setiap gambar untuk melihat daftar nomor kontak dan mengunduh gambar.

Saya ingin ke rumah sakit untuk mendapatkan akses ke psikiater atau psikolog, tetapi saya takut tertular virus corona. Apa yang harus saya lakukan?

Kebanyakan rumah sakit telah menetapkan protokol keamanan khusus, untuk memastikan bahwa pasien dengan COVID-19 tidak menularkan penyakitnya kepada pasien lain. Namun, ketakutan bahwa kamu tertular itu adalah hal yang valid dan sangat dapat dipahami.

PDSKJI merekomendasikan bagi orang yang ingin memeriksakan diri ke psikiater untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan di rumah, seperti manajemen stres, relaksasi atau menghibur diri, atau berbicara dengan anggota keluarga atau teman yang dipercaya.

Lakukan kunjungan ke rumah sakit, hanya jika kondisinya sudah darurat dan mengancam keselamatan, seperti:

Kamu juga bisa menanyakan kepada rumah sakit atau tempat penyedia layanan kesehatan mental, apakah mereka menyediakan layanan konseling secara online atau jarak jauh.

Saya saat ini dalam masa pemulihan dengan profesional dan membutuhkan kontrol. Apa yang harus saya lakukan?

Jika kamu saat ini sedang berada dalam masa pemulihan dengan psikolog atau psikiater tertentu, tanyakan mengenai nomor kontak dan jam ketersediaan untuk melakukan konseling secara online.

Aturlah waktu untuk melakukan konsultasi dengan profesional, sama seperti jika kamu ingin melakukan konseling fisik. Pastikan kamu menjaga privasi, dengan tidak memberikan nomor kontak mereka kepada orang lain tanpa izin dari profesional kamu.

Terkadang terdapat metode terapi tertentu, diagnosis, atau prosedur pengambilan obat yang mewajibkan adanya kunjungan fisik. Jika hal itu terjadi, komunikasikan kekhawatiranmu baik-baik dengan profesional kamu, dan selalu ambil tindakan untuk melindungi diri kamu selama di perjalanan maupun saat bertemu dengan profesional.

Penafian: Kami selalu mencoba untuk memberikan informasi yang ter-update, namun kami tidak bisa menjamin apabila layanan di atas mengalami perubahan sewaktu-waktu. Hubungi kami jika terdapat informasi yang tidak akurat dan perlu diperbaharui.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket
Kevin Sucianto

Kevin Sucianto

Sebagai "Social Media Auditor", Kevin mulai berkontribusi di Into The Light Indonesia sejak 2013, lalu kabur sebelum kembali lagi pada 2018. Kevin adalah lulusan mahasiswa akuntansi yang saat ini tobat berprofesi di bidang marketing communication, penulis konten, dan pengelola media sosial. Di saat waktu luang, senang bermain Cookie Run: OvenBreak, mengisi teka-teki silang, menjadi barista abal-abal, atau berburu restoran paling enak di Jakarta.