8 Tips Normalkan Jam Tidur yang Berantakan

Apakah kamu sering mengalami susah tidur? Apakah kamu sering mengalami mimpi yang aneh belakangan ini?

Jika ya, kamu nggak sendiri kok. Hal ini mungkin terjadi karena meningkatnya rasa cemas dan stres yang membuat tubuh kamu selalu “terbangun”. Padahal, tidur cukup itu penting karena sangat mempengaruhi kesehatan mental kamu juga.

Kami berbagi 8 tips untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur kamu, sekaligus untuk mempersiapkan diri menuju ne…*ditampar netizen*

Buat aktivitas harian seperti biasa. Disiplinkan diri untuk tetap menjadwal kegiatan harian kamu sama seperti sebelum pandemi.

Ranjang hanya untuk tidur. Otak kita terprogram untuk mengasosiasikan ranjang dengan tidur dan seks, dan melakukan aktivitas lain akan mengganggu ritme di otak kita.

  • Hindari makan, nonton, dan kerja di atas ranjang.
  • Bekerjalah di meja dan kursi yang nyaman.
  • Buat ranjang senyaman mungkin saat mau tidur.
  • Bersihkan dan ganti sprei secara rutin.

Atur cahaya di sekitar kita. Tubuh kita mengasosiasikan cahaya dengan siang hari atau aktivitas, sehingga kita perlu mengontrol cahaya yang terpapar dengan tubuh kita.

  • Saat siang hari, buka jendela dan pintu untuk pencahayaan alami.
  • Saat malam hari, tidurlah dengan keadaan gelap agar lebih nyenyak.

Jangan main ponsel sebelum tidur. Cahaya kebiruan dari layar elektronik memiliki warna lebih cerah dan dapat membuat mata dan otak kita lebih terjaga dan sulit tidur.

  1. Hindari menyalakan ponsel, laptop, atau TV sebelum tidur.
  2. Nyalakan fitur “Blue Light Filter”, “Night Shift”, atau nyalakan mode “Warm”.

Batasi konsumsi berita dan media sosial. Tetap ter-update dengan berita di masa krisis itu penting, tetapi:

  • ✅ Batasi hanya dari sumber tepercaya
  • ✅ Konsumsi hanya di jam tertentu
  • ✅ Batasi durasi, jangan terlalu lama
  • ✅ Jangan konsumsi berita sebelum tidur

Segera hentikan jika kamu merasa penat dengan pemberitaan, bahasan, atau konten di suatu berita atau media sosial.

Gerak, gerak, gerak!!! Sisihkan waktu untuk berolahraga ringan secara rutin di dalam rumah, sebaiknya 15-30 menit setiap hari.

Relaksasi, relaksasi, relaksasi!!! Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan rasa cemas: teknik pernapasan, meditasi/minduflness, yoga, dengarkan musik yang tenang, membaca buku, stretching otot, mewarnai/melukis.

Atur pola makan. Jaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang. Hindari minuman beralkohol dan kafein berlebih.

Kevin Sucianto
Kevin Sucianto
Sebagai "Social Media Auditor", Kevin mulai berkontribusi di Into The Light Indonesia sejak 2013, lalu kabur sebelum kembali lagi pada 2018. Kevin adalah lulusan mahasiswa akuntansi yang saat ini tobat berprofesi di bidang marketing communication, penulis konten, dan pengelola media sosial. Di saat waktu luang, senang bermain Cookie Run: OvenBreak, mengisi teka-teki silang, menjadi barista abal-abal, atau berburu restoran paling enak di Jakarta.