Tentang Pencegahan Bunuh Diri

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on facebook
Share on email
Share on pocket

Navigasi

Apakah kamu sedang memikirkan untuk bunuh diri?

Kamu mungkin saat ini merasa lelah, putus asa, dan merasa sakit yang luar biasa. Tetapi, kamu tidak sendirian. Selalu ada bantuan dan pertolongan untukmu.

Jika kamu sedang merasa tidak baik atau berpikir bunuh diri, kami membagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Jangan ragu untuk mencari bantuan kepada orang lain yang kamu percaya.

Pahami apa yang memicu kamu melukai diri sendiri, dan pelajari langkah-langkah dan ide untuk mendistraksi pikiran dan berhenti melukai diri sendiri.

Saat ini, belum ada nomor telepon khusus yang bisa menjadi pusat krisis bunuh diri di Indonesia. Perlu dicatat, Into The Light Indonesia tidak memiliki layanan konseling atau pusat krisis bunuh diri. Pelajari lebih lanjut

Berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa sangat direkomendasikan apabila kamu memiliki pemikiran bunuh diri. Bagaimana saya bisa mencari profesional terdekat? Apakah saya bisa mendapatkan konseling dan pengobatan gratis? Apa rasanya bertemu dengan psikolog/psikiater? Ketahui lebih lanjut

Dengan kemajuan teknologi, kamu pun sekarang dapat melakukan konseling dengan profesional kesehatan jiwa melalui internet atau online. Kami memiliki daftar penyedia layanan konseling online di Indonesia.

Apabila kamu saat ini membutuhkan teman atau seseorang yang bisa diandalkan untuk curhat, kamu bisa menemukan daftar layanan konseling sebaya, komunitas, dan kelompok dukungan (support group) yang tersedia secara online.

Setelah mencoba bunuh diri, kamu mungkin mengalami perasaan yang campur aduk dan begitu sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Tetapi, jangan khawatir. Kamu kini bersama dengan profesional, teman, dan keluarga yang akan membantu proses pemulihan jiwamu.

Membuat safety plan dapat menjadi salah satu langkah yang sederhana agar kamu terus dapat menjaga kondisi kesehatan mental kamu.

Jika kamu membutuhkan pendampingan profesional terkait dengan kesehatan mental kamu atau seseorang, kami menyediakan daftar Puskesmas, Rumah Sakit, dan Biro Psikologi yang menyediakan layanan kesehatan mental di beberapa kota besar. Database ini dibuat untuk mempermudah kamu menjangkau layanan profesional kesehatan mental terdekat.

Terkadang seseorang merasakan rasa sakit yang terlampau luar biasa sehingga berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Apabila kamu melihat atau mengetahui orang terdekat yang memiliki pemikiran atau ingin melakukan bunuh diri, jangan diam. Segera tanyakan dan tawarkan bantuan kepada mereka.​

Setiap nyawa adalah berharga. Bunuh diri dapat dicegah dengan kerjasama dari semua pihak, termasuk kamu.

Tanda-tanda peringatan bunuh diri dapat diketahui melalui perkataan, tindakan, atau petunjuk yang tersirat, dan dapat berbeda-beda bagi tiap orang. Pelajari lebih lanjut

Setelah kamu menemukan orang yang kamu kasihi menunjukkan tanda peringatan bunuh diri, kamu mungkin memutuskan untuk menawarkan bantuan. Ketahui bagaimana kamu bisa menawarkan dan memberikan bantuan dengan cara yang tepat, memastikan agar mereka aman, dan membantu proses pemulihan mereka.

Mereka yang memiliki pemikiran dan keinginan bunuh diri sangat membutuhkan keberadaan orang yang bisa dipercaya untuk mendengarkan masalah mereka tanpa harus merasa dihakimi. Mendengar secara aktif sangat mudah untuk dipelajari dan dapat dilakukan siapa saja.

Pahami mengapa mereka melukai diri sendiri, dan ketahui apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membantu teman atau orang yang kamu kasihi dapat berhenti melukai diri sendiri (self-harm).

Setelah seseorang mencoba bunuh diri, keberadaanmu sangat penting untuk membantu proses pemulihan orang yang kamu kasihi. Kamu pun mungkin mengalami beragam reaksi yang membuatmu tidak nyaman.

Kehilangan seseorang yang dikasihi karena bunuh diri dapat membuat para penyintas kehilangan bunuh diri seringkali tidak hanya mengalami rasa duka yang mendalam, namun juga beragam emosi yang berkecamuk di hati ditambah dengan tekanan sosial dari orang-orang di sekitar mereka.

Pelajari lebih lanjut mengenai penyintas kehilangan bunuh diri dan bagaimana penanganan pascakematian bunuh diri (suicide postvention) dapat membantu para penyintas kehilangan bunuh diri.

Proses berduka bagi orang yang kehilangan keluarga atau kerabat karena bunuh diri seringkali tidak mudah untuk dilalui. Namun, percayalah bahwa badai pasti berlalu dan jangan takut untuk meminta bantuan kepada orang yang kamu percaya.

Kamu pun bisa membantu penyintas kehilangan bunuh diri untuk melalui proses berduka dan memandu mereka menuju pemulihan.

Cari tahu tentang bunuh diri

Kami menghimpun data dari berbagai sumber mengenai bunuh diri, dan mengapa pencegahan bunuh diri menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan, terutama di Indonesia.

Soal yang sering ditanyakan seputar bunuh diri: Mengapa seseorang bunuh diri? Apa saja faktor risiko bunuh diri? Bisakah bunuh diri dicegah?

Bunuh diri dalam angka

Ketahui rangkuman data terbaru mengenai bunuh diri di seluruh dunia dan Indonesia, dan mengapa bunuh diri adalah krisis kesehatan jiwa yang perlu menjadi perhatian kita bersama.

  • Data bunuh diri di seluruh dunia
  • Data bunuh diri di Indonesia [SEGERA]
  • Data bunuh diri di orang muda - seluruh dunia [SEGERA]
  • Data bunuh diri di orang muda - Indonesia [SEGERA]

Bunuh diri seringkali masih dikaitkan dengan stigma dan mitos yang menyesatkan dan menghambat pencegahan bunuh diri.

Bunuh diri adalah masalah kesehatan jiwa. Paparan media massa dari media cetak maupun elektronik tentang bunuh diri harus disajikan dengan prinsip kehati-hatian. Beberapa kematian karena bunuh diri mungkin punya nilai berita. Namun, cara media memberitakan bunuh diri dapat berpengaruh negatif, seperti menciptakan bunuh diri tiruan, atau dapat pula berpengaruh positif, seperti mendorong orang-orang untuk mencari bantuan.

Pedoman untuk jurnalis, redaktur, dan media massa tentang bagaimana cara meliput dan memberitakan bunuh diri yang aman.

Apa saja yang direkomendasikan dan tidak? Bagaimana berita saya dapat berkontribusi untuk mencegah bunuh diri di masyarakat?

Baca atau mengunduh Pedoman “Pemberitaan terkait Tindak dan Upaya Bunuh Diri” yang disahkan oleh Dewan Pers (No. 2/PERATURAN-DP/III/2019).

Pedoman untuk warganet (segera)

Pedoman untuk masyarakat awam, pengguna media sosial, admin grup, atau manajer komunitas online dalam menghadapi pemberitaan bunuh diri.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on facebook
Share on email
Share on pocket