Podcast “Diskusi Psikologi”

Setiap orang perlu mengenal dirinya lebih dalam. “DISKO” atau Diskusi Psikologi mengangkat pengalaman nyata penutur kisah yang didukung dengan analisis berdasar bukti ilmiah. Siniar (podcast) ini adalah hasil kerjasama KBR Prime dan komunitas Into The Light yang ingin mendorong penghapusan stigma terhadap orang dengan gangguan mental.

Dengarkan “DISKO” melalui situs dan aplikasi KBR Prime, Spotify, atau aplikasi pendengar siniar kesukaan Anda.

Episode 13: Art Therapy

Tahukah kamu bahwa segala bentuk kegiatan kesenian, seperti melukis atau menggambar sudah terbukti dapat digunakan sebagai sarana terapi gangguan jiwa? Seperti apa ya kira-kira?

Yuk simak obrolan Kevin, Meliantha, dan Ardhana, seorang Terapis Seni dalam Disko episode Art Theraphy.

Episode 12: Media Guideline Pemberitaan Kejadian Bunuh Diri

Pemberitaan yang buruk mengenai kasus bunuh diri bisa memberikan dampak yang buruk juga kepada para pembacanya. Lalu bagaimana seharusnya kasus bunuh diri diberitakan?

Dalam episode ini, Kevin akan berdiskusi dengan Gading, pengacara LBH Pers dan juga Adit seorang loss-survivor yang merasakan dampak buruk pemberitaan bunuh diri di media.

Episode 11: Active Listening

Ketika kamu ingin didengarkan, sudahkah kamu mendengarkan dengan baik? Mendengarkan sudah seharusnya dilakukan dengan penuh kesadaran dan perhatian untuk dapat memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara.

Tapi apakah selama ini kamu sudah memahami bagaimana caranya mendengarkan secara aktif? Yuk simak obrolan Kevin bersama Rinella dan Inez!

Episode 10: Abusive Relationship

Abusive relationship, atau hubungan asmara yang disertai tindak kekerasan seringkali tidak terlihat secara fisik, bahkan banyak dari korban yang tidak menyadari bahwa mereka sedang berada dalam hubungan yang abusive. Baik korban maupun pelaku yang terlibat dalam hubungan abusive, seringkali tidak menyadari dampak kerusakan yang mungkin ditimbulkan. Efek dari kekerasan ini juga bisa mempengaruhi kualitas kehidupan dan karakter seorang individu.

Penasaran? Yuk simak obrolan Kevin bersama Pingkan dan Meryl, dalam podcast Diskusi Psikologi.

Episode 9: Depresi Pasca Melahirkan

Kehadiran buah hati ditengah-tengah keluarga pasti membawa suasana bahagia. Namun ternyata ada beberapa orang tua yang setelah melahirkan justru seperti benci melihat anaknya sendiri sampai bisa terserang rasa depresi.

Diskusi Psikologi kali ini Kevin ditemani Nisa, seorang psikolog dari @motherhopeindonesia, akan berdiskusi seputar depresi pasca melahirkan. Dan juga ada Yana, seorang survivor post-partum depression yang akan menceritakan pengalamannya.

Episode 8: Ngobrol Soal Olahraga dan Kesehatan Jiwa

Kita semua tahu bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik. Namun taukah kamu bahwa olahraga juga bisa membantu membangun kekuatan psikologis? Selain berolahraga, memiliki body positivity terhadap tubuh kita sendiri dan orang lain juga penting.

Kali ini Kevin ditemani Rere, seorang pelatih Fitness dan Body Development, akan membahas tentang pentingnya berolahraga dan mulai membangun body positivity. Turut hadir Saras, seorang survivor, yang sudah merasakan dengan berolahraga membantunya menjadi lebih baik. Yuk simak obrolan seru mereka di podcast Diskusi Psikologi.

Episode 7: Hidup dengan Gangguan Bipolar? Kamu Bisa Terus Berkarya!

Manusia mengalami berbagai emosi dan perasaan. Senang, sedih, gembira, dan murung. Namun pernahkah kamu bertemu atau mengenal seseorang yang suasanya hatinya bisa berubah drastis dalam waktu yang cukup singkat? Beberapa selebriti terkenal ternyata juga mengalami gangguan yang disebut bipolar ini.

Diskusi Psikologi kali ini menghadirkan Agus, pengurus komunitas Bipolar Care Indonesia, yang akan membagikan banyak informasi seputar gangguan bipolar. Dan juga ada Olive, seorang survivor bipolar yang menumpahkan energinya ketika dalam kondisi manik-depresif menjadi sebuah karya lukis yang menarik. Yuk simak obrolan seru mereka di podcast Diskusi Psikologi.

Episode 6: Konsep Mindfulness untuk Atasi Depresi

Berbagai kesibukan, tuntutan hidup dan stress terkadang membuat hidup kita penuh tekanan dan emosi. Dan untuk melatih pengelolaan emosi ini, konsep mindfulness dipercaya mampu membantu dan menjaga kesehatan mental.

Dalam Diskusi Psikologi kali ini Kevin mengundang Laurens, seorang praktisi mindfulness yang akan menjelaskan sekaligus mempraktikan mindfulness tersebut. Turut hadir pula, Adi, seorang survivor depresi yang menggunakan mindfulness sebagai salah satu cara menghadapi depresi. Yuk simak obrolan seru dan ber-mindfulness bersama mereka di podcast Diskusi Psikologi.

Episode 5: Kenali Gangguan Kecemasan

Episode 4: Berdamai dengan Perasaan Duka

Episode 3: Kenali Gejala Depresi dan Mulai Lakukan Sesuatu

Episode 2: Kecenderungan Ingin Bunuh Diri, Kenali Tandanya dan Cegah!

Diskusi Psikologi kali ini menghadirkan Wina, seorang penyintas bunuh diri. wina membagikan kisah bagaimana dia melewati masa-masa kelam. Wina berhasil melewati itu dan tetap berprestasi Dia menerbitkan beberapa buku untuk menghapus stigma masyarakat mengenai gangguan jiwa. Hadir juga Benny Prawira, seorang aktivis pencegahan bunuh diri. Kita bakal belajar bagaimana cara mendampingi seseorang dengan tendensi bunuh diri. Simak obrolan seru mereka dipandu Kevin.

Episode 1: Self Care

Luangkan waktu untuk perawatan. Itu baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Tidak perlu mahal.

Simak obrolan Kevin dari Into The Light bersama psikolog soal manfaat dan cara cara self care sederhana yang bisa kita lakukan. Kali ini penutur kisah kita adalah Pinta. Sebagai penyintas, dia memilih menulis jurnal sebagai upaya merawat diri. Yuk simak obrolan mereka.