Menghubungi Profesional Kesehatan Jiwa

Di saat kamu memiliki pemikiran bunuh diri atau gangguan kesehatan jiwa, kami merekomendasikan kamu untuk mengunjungi psikolog/psikiater atau tenaga profesional kesehatan jiwa terdekat dari tempat tinggal kamu.

Bertemu dengan psikolog/psikiater terdekat terbukti efektif dalam menangani krisis bunuh diri atau gangguan jiwa yang dialami kamu atau orang terkasih. Psikolog/psikiater akan mendiagnosis berdasarkan gejala yang muncul dan kemudian akan memberikan tindakan penanganan (melalui terapi atau obat-obatan tertentu). Tidak hanya itu, tatap muka dengan profesional juga akan menjamin kerahasiaan informasi pribadi kamu.

Berikut ini panduan singkat untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa di Indonesia:

Psst! Apakah kamu sedang mencari daftar layanan konseling online dan support group online? Klik di sini!

Tahap 1:
Puskesmas

Salah satu cara termudah untuk mencari layanan kesehatan jiwa adalah dengan mengunjungi Puskesmas terdekat. Menurut data dari Kemenkes, kini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang dilengkapi dengan layanan kesehatan jiwa.

Kamu dapat langsung menghubungi Puskesmas terdekat dari tempat tinggal kamu dan tanyakan apakah terdapat layanan kesehatan jiwa.

Bagi warga Jabodetabek, layanan kesehatan jiwa sudah tersedia di hampir seluruh Puskesmas di tingkat kecamatan. Beberapa Puskesmas Kecamatan yang menyediakan layanan tersebut, termasuk namun tidak terbatas diantaranya Puskesmas Kecamatan Cilandak, Ciracas, Duren Sawit, Gambir, Johar Baru, Kebayoran Baru, Kemayoran, Kembangan, Kramat Jati, Mampang, Mampang Prapatan, Matraman, Pancoran, Pasar Minggu, Pasar Rebo, Setiabudi, Taman Sari, Tanah Abang, Tebet, Beji, Kemiri Muka, dan Sukmajaya.

Biaya Konsultasi di Puskesmas

Bagi pemilik kartu BPJS, biaya konsultasi gratis.

Bagi yang tidak memiliki kartu BPJS, hanya dikenakan biaya administrasi Rp5.000,-.

Tahap 2:
Rumah Sakit

Bagi pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut atau Puskesmas yang tidak memiliki layanan kesehatan jiwa, dapat dirujuk ke Rumah Sakit terdekat.

Lebih dari 250 Rumah Sakit Umum dan RSUD Rujukan Regional telah dilengkapi dengan layanan kesehatan jiwa. Tidak hanya itu, telah terdapat 35 RS Jiwa yang tersedia di setiap provinsi di Indonesia. Jumlah di atas belum termasuk layanan psikolog/psikiater di RS Swasta.

Kementerian Kesehatan RI juga telah menyiagakan lima RS Jiwa rujukan yang telah dilengkapi dengan layanan telepon konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri:

  1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang | (024) 6722565
  2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor | (0251) 8324024, 8324025, 8320467
  3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta | (021) 5682841
  4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang | (0293) 363601
  5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang | (0341) 423444

Walau belum tersebar secara merata, layanan kesehatan jiwa sudah tersedia di semua provinsi di Indonesia. Tanyakan rumah sakit terdekat dari tempat tinggalmu mengenai kesediaan psikolog/psikiater atau poliklinik kesehatan jiwa di rumah sakit tersebut.

Biaya Konsultasi dan Pengobatan di Rumah Sakit

Dengan program Jaminan Kesehatan Nasional, biaya konsultasi dan pengobatan untuk masalah kesehatan jiwa atau gangguan jiwa dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Daftar gangguan jiwa yang dapat ditanggung biayanya, termasuk namun tidak terbatas pada gangguan depresi, skizofrenia, gangguan bipolar, gangguan personalitas, dan perilaku kontrol impulsif.

Biaya yang ditanggung dapat bervariasi, bahkan dapat ditanggung sampai dengan gratis.

Jika kamu merasa ragu dengan biaya yang nantinya dibebankan untuk konsultasi atau pengobatan kamu atau orang terkasih, kamu dapat menghubungi terlebih dahulu Puskesmas dan/atau Rumah Sakit terdekat untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Mencari psikolog di luar rumah sakit

Dengan menggunakan mesin pencari atau aplikasi peta daring, kamu dapat mencari layanan kesehatan jiwa terdekat dari tempat tinggal kamu. Misalnya, kamu bisa mengetikkan “psikolog di (domisili kamu)” atau “layanan kesehatan jiwa di (domisili kamu)”.

Layanan psikolog/psikiater pasti tersedia di setiap ibukota provinsi di Indonesia, begitu pula dengan kota-kota besar lainnya.

Kami memiliki beberapa rekomendasi psikolog swasta yang bisa kamu hubungi, klik di sini.

Psikolog atau Psikiater?

Keduanya sama-sama merupakan ahli dalam bidang kesehatan jiwa dan keduanya dapat melakukan tindakan profesional. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan pendekatan.

Psikolog:

  • Berlatar belakang Psikologi Klinis (M.Psi., Psikolog)
  • Izin praktik di bawah HIMPSI
  • Melakukan diagnosis dan psikoterapi, namun tidak memberikan resep/obat-obatan
  • Spesialisasi dalam riset, pengujian, dan evaluasi psikologis

Psikiater:

  • Berlatar belakang Kedokteran Spesialis Psikiatri (Sp.KJ)
  • Izin praktik di bawah IDI
  • Mengukur aspek fisik dan jiwa dari masalah psikologis, serta relasinya satu sama lain
  • Melakukan diagnosis dan pemberian resep obat-obatan medis

Bagaimana jika saya tidak puas dengan pelayanan psikolog/psikiater?

Selayaknya kamu mengunjungi dokter saat kamu sakit, kamu mungkin butuh untuk bertemu dengan lebih dari satu psikolog/psikiater. Beberapa profesional mungkin tidak cocok dengan kamu atau malah membuat kamu merasa tidak nyaman. Atau, kamu sekedar ingin membutuhkan opini kedua dari profesional dengan sudut pandang dan pendekatan yang berbeda.

Ini adalah hal yang wajar. Kamu tidak perlu merasa kecewa, marah, atau malu. Dengan menghubungi lebih dari satu profesional, kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan profesional yang bisa kamu hubungi di saat kamu membutuhkannya di kemudian hari.

Kamu juga akan mendapatkan pertolongan yang lebih baik karena setiap profesional tentu memiliki pendekatan masing-masing untuk membantu kamu dalam proses pemulihan.

Dukun atau Paranormal

Gangguan kejiwaan tidak disebabkan oleh sebab-sebab paranormal, seperti kerasukan atau kendali makhluk halus. Oleh karena itu, kunjungan ke dukun atau paranormal tidak akan menyembuhkan gangguan jiwa.

Hipnoterapi

Efektivitas dan dampak dari pasien hipnoterapi masih diperdebatkan secara ilmiah dan masih membutuhkan penelitian yang lebih mendalam, baik menurut sudut pandang psikologi maupun psikiatri. Selain itu, beberapa hipnoterapis juga tidak memiliki latar belakang profesional di bidang psikologi atau psikiatri. Kami tidak merekomendasikan hipnoterapi untuk diagnosis dan penyembuhan gangguan jiwa.