Daftar Puskesmas, Rumah Sakit, dan Biro Psikologi Penyedia Layanan Kesehatan Mental di Indonesia

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket

Jika kamu membutuhkan pendampingan profesional terkait dengan kesehatan mental kamu, seperti dengan psikolog atau psikiater, kami menyediakan daftar Puskesmas, Rumah Sakit, dan Biro Psikologi yang menyediakan layanan kesehatan mental di beberapa kota besar di Indonesia. Database ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dapat menjangkau layanan profesional kesehatan mental terdekat.

Database ini adalah hasil kerja sama Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA), Standing Committee on Public Health (SCOPH) CIMSA, Pijar Psikologi, Into The Light Indonesia, dan Indonesian Young Health Professionals Society (IYHPS).

Database ini juga bisa diunduh dalam format PDF.

Bagikan di media sosial Anda:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Yang sering ditanyakan:

Bagaimana jika kota tempat tinggal saya tidak ada?

Anda dapat langsung mencoba menghubungi Puskesmas tingkat Kecamatan dan/atau Rumah Sakit Umum terdekat yang menjadi rujukan di kota tempat tinggal Anda. Jika Anda menghubungi rumah sakit, tanyakan apakah mereka memiliki psikolog, psikiater, atau poliklinik jiwa. Pelajari lebih lanjut

Anda juga dapat menggunakan mesin pencari untuk mengetahui apakah terdapat rumah sakit atau biro psikologi yang membuka praktik di kota tempat tinggal Anda.

Berapa biaya berobat di sini?

Biaya konsultasi dan obat-obatan dapat bervariasi di setiap tempat. Jangan ragu untuk menanyakan apakah layanan kesehatan mental di Puskesmas, Rumah Sakit, atau Biro Psikologi yang Anda hubungi menerima pasien dengan BPJS, karena BPJS menanggung biaya konsultasi dan obat-obatan untuk beragam gangguan jiwa (seperti depresi, bipolar, dan skizofrenia) sampai dengan gratis.

Bahkan, jika Anda datang ke Puskesmas, untuk mendapatkan layanan konsultasi kejiwaan tanpa BPJS umumnya Anda hanya dikenakan antara Rp5.000,- s/d Rp20.000,- saja.

Jam berapa layanan ini buka?

Layanan Puskesmas umumnya buka setiap Senin-Jum’at antara pukul 07:30 s/d 15:00 waktu setempat, namun bisa jadi berbeda di tiap Puskesmas.

Jam layanan untuk psikolog di Biro Psikologi, dokter spesialis psikiatri, dan poliklinik jiwa di Rumah Sakit juga bervariasi, menyesuaikan ketersediaan tenaga ahli. Sementara itu, layanan instalasi gawat darurat di RS Umum dan RS Jiwa umumnya tersedia selama 24 jam.

Saya harus ke mana dahulu, Puskesmas atau Rumah Sakit?

Bagi penerima layanan BPJS, disarankan untuk mencari layanan dari Puskesmas terdekat terlebih dahulu sekalipun Puskesmas tidak memiliki layanan kesehatan jiwa, karena pasien penerima layanan kesehatan jiwa dari BPJS membutuhkan rujukan dari Puskesmas sebelum dapat dirujuk ke rumah sakit.

Jika Anda tidak berniat menggunakan layanan BPJS, Anda bisa langsung ke rumah sakit terdekat. Rumah sakit umum/jiwa juga akan menerima pasien dalam keadaan darurat, tanpa harus ke Puskesmas terlebih dahulu.

Bagaimana cara saya menentukan harus ke RS Umum atau RS Jiwa?

Untuk layanan kesehatan mental, keduanya dapat menjadi pilihan Anda. Kunjungilah manapun yang menurut Anda lebih dekat atau mudah diakses.

Jika Anda datang untuk mendapatkan diagnosis atau merupakan kunjungan pertama, Anda bisa mendatangi RS Umum terlebih dahulu. Psikolog/psikiater di rumah sakit umum nantinya akan memberikan rujukan ke RS Jiwa atau fasilitas kesehatan jiwa lainnya jika diperlukan terapi atau pengobatan yang lebih lanjut.

Kunjungan ke RS Jiwa bisa Anda lakukan jika Anda menginginkan ketersediaan tenaga profesional yang lebih beragam dan layanan tingkat lanjutan.”

Jika Anda atau orang yang Anda kenal berada dalam kondisi mengancam keselamatan nyawa, segera telepon nomor layanan darurat 119 atau menuju ke IGD di RS terdekat. Jangan menunggu.

Bagikan di media sosial Anda:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Anda menemukan data yang tidak akurat? Kunjungi Umpan Balik agar dapat kami perbaiki.

Kredit foto:
Eko Herwantoro; Bagir Bahana; Supri Yanto; Carolus Abi; Niko Lienata; Silas Baisch; Harry Kessell; Arief Hidayat; Kondephy; Arief Rahman Saan (Ezagren) (CC-BY-SA 4.0). Ilustrasi oleh Akhmad Fauzi (CC BY 3.0); IvanBE Pratama; Martha Dominguez de Gouveia; Toa Heftiba

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket