Mental Health and Suicide First Aid Booklet for Youth

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Bunuh diri bukanlah topik yang mudah dibicarakan. Pembahasan yang masih dilingkupi stigma dan tabu masyarakat, ia menjadi hal yang menakutkan dan seringkali kita hindari. Namun, penghindaran tersebut dapat menyebabkan mereka yang justru membutuhkan uluran tangan dari kita dalam menghadapi masa krisisnya, menjadi semakin tidak tertolong. Kita pun, jadi tidak tahu bagaimana cara untuk membantu mereka.

Lewat Mental Health and Suicide First Aid Booklet for Youth ini, Into The Light Indonesia berusaha meredakan ketakutan akan ketidaktahuan kita. Disajikan secara perlahan, awam, dan menarik, pikiran dan hati kita diajak lebih terbuka dan tergerak untuk memahami lebih jauh isu kesehatan mental dan bunuh diri. Siapa tahu, booklet ini dapat membimbing kita menjadi lebih mau mendengar dan penuh empati kepada sesama kita yang membutuhkan kehadiran kita di saat genting dalam hidupnya. Mungkin, booklet ini dapat menyelamatkan nyawa orang terdekat kita, atau kamu sendiri.

Tentu, booklet ini masih jauh dari kata sempurna, namun kami harap booklet ini bisa menjadi sumber informasi kredibel yang paling mudah dicerna yang Anda miliki untuk melakukan pendampingan yang efektif.

Klik gambar di bawah ini untuk mengunduh booklet dalam format PDF.

Produksi: University Suicide Prevention Working Group – Into The Light Indonesia
Tim Penulis: Devan Calistyo, Annisa Mega Radyani, Maharani Iasha
Penyunting dan Layout: Siti Nurrachmawati, Tanisha Fortuna
Ilustrasi Isi dan Sampul: Verena Vincent, Varizka Salsabila, Ibtihanny Farhanindya, Irwantja

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Into The Light Indonesia

Into The Light Indonesia

Dibentuk pada Mei 2013, Into The Light Indonesia Suicide Prevention Center for Advocacy, Research, and Education (SP-CARE) adalah sebuah komunitas orang muda yang berfokus sebagai pusat advokasi, kajian, dan edukasi pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa di Indonesia. Into The Light Indonesia adalah komunitas inklusif yang digerakkan oleh orang muda lintas identitas, yang menjunjung tinggi pendekatan program berbasis bukti dan hak asasi manusia.