Comprehensive Suicide Prevention Workshop for Youth

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket

3rd February 2015 First Comprehensive Suicide Prevention Workshop for Youth CommunitiesInto The Light Indonesia melaksanakan workshop bertajuk Comprehensive Suicide Prevention Workshop for Youth di kawasan Depok, 3 Februari 2015. Workshop ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu pencegahan bunuh diri pada komunitas remaja dan individu mahasiswa yang menghadiri workshop ini. Benny Prawira, founder Into The Light Indonesia dan Nurul Fadhilah Praharso yang telah berpengalaman sebagai konselor di Lifeline Australia berperan memberikan materi berupa pengenalan terhadap Into the Light Indonesia,. Peserta workshop juga diberikan materi suicide prevention, suicide intervention, dan suicide postvention.

Workshop juga dihadiri oleh berbagai institusi yang mempunyai minat yang sama mengenai isu bunuh diri dan remaja, diantaranya Aliansi Remaja Independen, Ardhanary Institute, Support Group and Resource Center on Sexuality Studies (SGRC UI), dan Yayasan Sejiwa. Selain itu, turut hadir pula mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta. Sesi yang dimulai dari perkenalan dilanjutkan dengan presentasi materi yang menunjukkan pentingnya membahas kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri pada remaja di Indonesia.

Sesi suicide prevention berisikan materi mengenai pengenalan terhadap istilah dalam pencegahan bunuh diri dan pembentukan program pencegahan bunuh diri pada level komunitas. Sesi suicide postvention lebih mendalami apa yang dapat dilakukan setelah adanya kematian pasca bunuh diri pada level komunitas/organisasi. Setelah membahas kedua langkah pada level komunitas, sesi suicide intervention membahas mengenai cara mengenali orang yang hendak bunuh diri dan menangani mereka secara individual. Roleplay untuk melakukan konseling pun dilakukan agar peserta dapat memahami teknik suicide intervention ini dengan baik. Ketiganya menjadi penting untuk dibahas secara komprehensif karena merupakan bagian dari langkah-langkah pencegahan bunuh diri.

Setelah workshop berakhir, seluruh peserta bersepakat untuk melakukan kerjasama dengan Into the Light Indonesia dalam mencegah bunuh diri dari perspektif isunya masing-masing. Pencegahan bunuh diri yang dilakukan bersama melalui lintas isu dan sektor tentunya diharapkan menjadi lebih efektif ke depannya. Dengan hadirnya kesadaran yang lebih banyak mengenai isu, diharapkan kita dapat bergerak bersama untuk mencegah lebih banyak nyawa melayang di usia muda.

Into the Light Indonesia terbuka untuk mengedukasi ataupun bekerjasama dalam membentuk program pencegahan bunuh diri dengan semua organisasi atau komunitas, khususnya anak muda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kirimkan e-mail ke intothelight.email (at) gmail (dot) com.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket
Kevin Sucianto

Kevin Sucianto

Sebagai "Social Media Auditor", Kevin mulai berkontribusi di Into The Light Indonesia sejak 2013, lalu kabur sebelum kembali lagi pada 2018. Kevin adalah lulusan mahasiswa akuntansi yang saat ini tobat berprofesi di bidang marketing communication, penulis konten, dan pengelola media sosial. Di saat waktu luang, senang bermain Cookie Run: OvenBreak, mengisi teka-teki silang, menjadi barista abal-abal, atau berburu restoran paling enak di Jakarta.