Teratai Pagi

Foto ini saya ambil saat saya sedang berjalan-jalan menenangkan diri di Taman Langsat. Setiap saya melihat suasana ini saya selalu merasa lebih tenang, sehingga saya putuskan untuk mengirimkan foto ini dengan harapan siapapun ke depannya yang akan melihat foto ini, turut merasakan ketenangan sama seperti yang saya rasakan.
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

IMPeTUs adalah serangkaian penelitian interdisipliner dengan misi untuk mengembangkan alat intervensi untuk meningkatkan literasi kesehatan mental dan kemampuan manajemen diri berfokus pada depresi dan cemas pada orang muda berusia 11-15 tahun di Jawa, Indonesia dengan pendekatan yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan lokal. IMPeTUs dikembangkan bersama dengan melibatkan peneliti asal Indonesia dan Britania Raya, serta panel yang terdiri dari kelompok publik dan pasien di Indonesia.

Galeri virtual IMPeTUs ini diluncurkan sebagai bagian dari diseminasi penelitian, yang terbagi menjadi galeri dari proses wawancara dan galeri dari lokakarya FOKESWARA.

Seluruh foto dalam galeri virtual ini merupakan karya remaja dan orang muda yang mencoba menggambarkan kehidupan orang muda dan kesehatan jiwa mereka.

Kedua galeri virtual IMPeTUs ini diharapkan tidak hanya menjadi ruang berekspresi bagi orang muda, namun sekaligus membuka ruang dialog ke masyarakat luas untuk mengenal dan memahami kesehatan jiwa dari perspektif orang muda.

Peneliti asal Britania Raya meliputi Division of Nursing, Midwifery and Social Work, School of Health Sciences, Faculty of Biology, Medicine and Health, University of Manchester, dan Manchester Academic Health Science Centre, Manchester, United Kingdom. Peneliti dari Indonesia berasal dari berbagai institusi, meliputi Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor; Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. SOEROJO Magelang; dan Rumah Sakit Jiwa DR. Soeharto Heerdjan, Jakarta. Kelompok panel publik dan pasien berasal dari Into the Light Indonesia, Jakarta; Pulih@thePeak – Women, Youth and Family Empowerment Center, Jakarta; dan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia, Jakarta.

Proyek ini didanai oleh program riset MRC/DFID/NIHR/ESRC untuk meningkatkan kesehatan orang muda di negara berpenghasilan rendah dan menengah (MR/R022151/1).