Self-care Secara Mental di Saat Pandemi

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket

Kesejahteraan atau wellbeing kondisi mental kita merupakan salah satu aspek yang paling terdampak dari masa pandemi ini. Maka dari itu, kita perlu banget menjaga kesehatan mental kita dan mulai peduli dengan diri kita sendiri.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan mental self-care, seperti menyaring berita yang kamu baca apabila merasa penat (overwhelmed) atau melakukan teknik relaksasi yang dapat menolong kamu saat kamu merasa stres, cemas, dan/atau tertekan.

Di samping tips yang sudah dijelaskan, kamu bisa banget mencari hal-hal lainnya yang dirasa mampu menolong mental kamu selama hal tersebut membawa dampak yang positif.

Sending love and light to all of you. ❤️ 

Credit:

  • Diaz & Gede (researcher)
  • Gia (copywriter)
  • Hanny & Rahma (graphic designer dan illustrator)

Tetap Terhubung Secara Sosial – Masa pandemi menjadi masa yang sulit untuk bersosialisasi secara fisik. Namun, kamu tetap bisa memanfaatkan platform online agar tetap terhubung dengan orang-orang tersayang.
Lakukan Relaksasi – Relaksasi bisa memberikan efek positif pada kesehatan mental kita. Lakukan relaksasi yang kamu rasa nyaman untuk dirimu sendiri.
Batasi Exposure pada Media – Jika membaca berita pandemi secara terus-menerus dapat membuat kamu stres dan kewalahan, apa yang bisa kamu lakukan? Lebih baik batasi dirimu dan saring isi berita yang bisa kamu lihat agar terhindar dari perasaan tersebut.
Antisipasi dan Kenali Gejala Stres – Berada dalam kondisi yang rumit, munculnya stres saat pandemi ini pun tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, hal penting yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi reaksi diri pada stres dan mengenali gejala-gejala stres yang ada.
Segera Cari Bantuan – Apabila kamu merasa stres hingga keseharianmu terganggu, jangan ragu untuk mencari bantuan. Bantuan bisa datang dari orang terdekat maupun bantuan profesional, seperti psikolog dan psikiater.
Yuk, perhatikan kesehatan mentalmu. Stay safe and keep healthy!
Yuk, perhatikan kesehatan mentalmu. Stay safe and keep healthy!
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on pocket
Ibtihanny Farhanindya

Ibtihanny Farhanindya

Mahasiswi Psikologi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Penggemar film animasi dan menuangkan ekspresi melalui karya seni ilustrasi.